Pengertian Web Based Email dan Email Client

1. Web Based Email

Web Based Email adalah klien email yang diimplementasikan sebagai aplikasi web dan diakses melalui web browser. Contoh penyedia webmail termasuk AOL Mail, Gmail, Outlook.com dan Yahoo! Mail. Hampir setiap penyedia webmail menawarkan akses email menggunakan klien webmail, dan banyak dari mereka juga menawarkan akses email dengan klien email desktop yang menggunakan protokol email standar, sementara banyak penyedia layanan internet menyediakan klien webmail sebagai bagian dari layanan email termasuk dalam paket layanan internet mereka.

GambarSeperti halnya aplikasi web, keuntungan utama webmail atas penggunaan klien email desktop adalah kemampuan untuk mengirim dan menerima email di mana saja dari browser web, serta tidak memerlukan mail client. Kerugian utamanya adalah untuk mengecek email anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu tidak terasa. Tapi bagi anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu terhubung ke internet), akun email dapat hilang jika terjadi masalah server dan email akan sulit disimpan/diarsipkan, karena tersimpan di server layanan e-mail.

Tapi ada juga perangkat lunak lain untuk mengintegrasikan bagian-bagian dari fungsi webmail ke OS (misalnya membuat pesan langsung dari aplikasi pihak ketiga melalui MAPI).

 

2. Email Client

Email client, email reader, atau lebih formal (MUA), adalah program komputer yang digunakan untuk mengelola email pengguna. Istilah ini dapat mengacu pada sistem yang mampu mengakses kotak surat email pengguna, terlepas dari itu menjadi mail user agent, server menyampaikan, sebuah aplikasi web yang menyediakan manajemen pesan, komposisi, dan fungsi penerimaan ini kadang-kadang juga dianggap sebagai email client, tetapi lebih sering disebut sebagai webmail. Email client berbasis web yang populer antara lain : Gmail, Lycos Mail, Mail.com, Outlook.com dan Yahoo! Mail.

Gambar

Keunggulan menggunakan software email client adalah kita bisa mendapatkan update inbox terbaru tanpa kita harus mengceknya secara manual. Misalnya microsoft outlook yang akan memberitahukan email baru lewat jendela login windows xp. Dan kita juga bisa mengorganisir email secara offline.

Tinggalkan komentar